Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Materi Sistem Respirasi Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Riandi, Windi Septa (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Materi Sistem Respirasi Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-windi-septa-riandi-15725251041.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis moodle untuk diaplikasikan dalam pembelajaran biologi. (2) menganalisis kualitas dan kelayakan media pembelajaran berbasis moodle pada materi sistem respirasi manusia berdasarkan penilaian tim ahli, guru, dan teman sejawat, (3) menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis moodle pada materi sistem respirasi manusia dalam meningkatkan motivasi siswa, (4) menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis moodle pada materi sistem respirasi manusia dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, (5) menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis moodle secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa . Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan produk menggunakan metode ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evalutation. Subjek Uji coba terbatas 15 orang siswa kelas XII IPA 3 SMAN 1 Banguntapan. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 32 orang siswa kelas XI IPA 3 dan subjek uji coba lapangan pada kelas kontrol sebanyak 32 orang siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Banguntapan. Data penelitian dihimpun menggunakan pedoman wawancara guru dan siswa serta kuisioner pada tahap observasi. Pada tahap penelitian instrument pengumpulan data terdiri dari angket penilaian media oleh ahli media, ahli materi, guru dan teman sejawat; lembar respon media oleh siswa; angket motivasi belajar biologi dan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA dan paired samples test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis moodle dengan alamat URL http://http://smaba.medicdrg.net/ (2) media pembelajaran yang dikembangkan pada materi sistem respirasi manusia layak digunakan dalam pembelajaran, (3) pembelajaran dengan menggunakan media yang dikembangkan efektif untuk meningkat motivasi belajar siswa, (4) pembelajaran dengan menggunakan media yang dikembangkan efektif untuk meningkat hasil belajar kognitif siswa, (5) pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan secara simultan meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media e-learning biologi, sistem respirasi pada manusia, motivasi, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:23
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53372

Actions (login required)

View Item View Item