Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi terhadap Keterampilan Futsal Siswa Ekstrakurikuler (Studi Kasus di SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta)

Ibrahim, Ibrahim (2017) Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi terhadap Keterampilan Futsal Siswa Ekstrakurikuler (Studi Kasus di SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ibrahim-15711251057.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perbedaan metode latihan block practice dan random practice terhadap keterampilan futsal siswa; (2) perbedaan pengaruh koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah terhadap peningkatan keterampilan futsal siswa; dan (3) interaksi pengaruh metode latihan block practice terhadap koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah dan metode latihan random practice terhadap koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah terhadap keterampilan futsal siswa ekstrakurikuler SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian 28 siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta, yang diambil dengan teknik random dari 38 siswa. Instrument untuk mengukur keterampilan futsal adalah tes Futsal FIK Jogja dari Agus Susworo Dwi Marhaendro. Instrument untuk mengukur koordinasi mata kaki adalah tes wall volley test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan block practice dan random practice terhadap keterampilan futsal siswa ekstrakurikuler SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta, yang terbukti dari nilai Fhitung 35.576 dan signifikansi pada p = 0,000 < 0,05. Metode latihan block practice lebih baik dengan nilai total mean posttest sebesar 46.7, dibandingkan dengan metode latihan random practice dengan nilai total mean posttests ebesar 54.6. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pemain yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap keterampilan futsal siswaekstrakurikuler SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta, yang terbukti dari nilai Fhitung 29.928 dan signifikansi pada p = 0,000 < 0,05. Pemain yang memiliki koordinasi tinggi lebih baik dengan nilai total mean posttest sebesar 47.0, dibandingkan dengan pemain yang memiliki koordinasi rendah dengan nilai total mean posttests sebesar 54.3. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara metode latihan block practice dan random practice dan koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah terhadap keterampilan futsal siswa ekstrakurikuler SMAN 9 dan SMA UII Kota Yogyakarta, yang terbukti darinilaiFhitung 6.892 dan signifikansi pada p = 0,015 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode latihan, block practice, random practice, koordinasi mata kaki, keterampilan futsal
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:05
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53368

Actions (login required)

View Item View Item