PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN REPTIL DI SANGGALURI PARK PURBALINGGA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER I

Prihatin, Wida Pangestuti (2017) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN REPTIL DI SANGGALURI PARK PURBALINGGA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER I. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
3 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
4 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB V)
6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman reptil yang ada di Sanggaluri Park Purbalingga, mengetahui potensi keanekaragaman reptil di Sanggaluri Park Purbalingga sebagai sumber belajar untuk disusun menjadi bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran Keanekaragaman Hayati, dan mengukur kualitas modul yang dihasilkan ditinjau dari aspek materi, kebahasaan, dan penyajian. Penelitian keanekaragaman reptil di Sanggaluri Park Purbalingga menggunakan metode observasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Potensi Sanggaluri diteliti dengan menganalisis proses dan hasilnya. Penyusunan modul dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang terbatas hingga tahap Development. Kualitas modul dinilai oleh 2 orang guru biologi menggunakan angket dan angket tanggapan oleh 15 siswa SMA Negeri 1 Cilacap. Analisis dilakukan dengan mengubah data kuantitatif menjadi kulaitatif. Hasil penelitian keanekaragaman reptil menunjukkan bahwa di Sanggaluri Park Purbalingga terdapat 40 jenis/spesies reptil, masing-masing memiliki karateristik morfologi yang spesifik, yang dapat dikelompokkan menjadi 3 ordo, dan 16 famili dari total 97 individu. Berdasarkan analisis potensi sumber belajar, keanekaragaman reptil di Sanggaluri Park Purbalingga dapat disusun menjadi modul pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa SMA Kelas X Semester I. Modul yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari aspek materi, kebahasaan, dan penyajian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jenis-jenis reptil, Keanekaragaman hayati, Modul
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53365

Actions (login required)

View Item View Item