Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Reflektif, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar Siswa.

Hadi, Aida Rukmana (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Reflektif, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aida-rukmana-hadi-15709251093.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP pada materi geometri berbasis model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berorientasi pada kemampuan berpikir reflektif, rasa ingin tahu, dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir reflektif, dan angket rasa ingin tahu. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini dikatakan efektif jika (1) hasil tes prestasi belajar menyatakan bahwa minimal 76% siswa telah mencapai nilai KKM, (2) hasil tes kemampuan berpikir reflektif menyatakan bahwa 76% siswa berada dalam kategori minimal baik, dan (3) hasil angket rasa ingin tahu sisiwa menyatakan bahwa minimal 76% siswa di kelas tersebut telah mencapai kategori minimal baik. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor RPP dan LKS berturut-turut adalah 84,7 (baik) dan 72,3 (baik). Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa RPP dan LKS memenuhi kriteria praktis dan efektif. Penilaian aspek kepraktisan diperoleh dari penilaian guru dan penilaian siswa dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 94 (sangat baik) dan 45,47 (baik) dan persentase keterlaksanaan pembelajaran untuk kegiatan guru dan siswa berturut-turut adalah 86% dan 85%. Penilaian aspek keefektifan diperoleh dari hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir reflektif, dan angket rasa ingin tahu. Berdasarkan uji hipotesis dengan α = 0,05, diperoleh proporsi siswa mencapai nilai KKM lebih dari 76%. Kemudian hasil tes kemampuan berpikir reflektif dan hasil angket rasa ingin tahu menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal baik lebih dari 76%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, model search, solve, create, and share, prestasi belajar, kemampuan berpikir reflektif, rasa ingin tahu siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:58
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53361

Actions (login required)

View Item View Item