Keterlaksanaan Program Remedial pada Materi Sistem Regulasi Di SMA se-Kabupaten Ponorogo Jawa Timur Ditinjau dari Status Sekolah, Lama Mengajar Guru, Latar Belakang Pendidikan Guru dan Kefavoritan Sekolah

Vitdiawati, Rina (2017) Keterlaksanaan Program Remedial pada Materi Sistem Regulasi Di SMA se-Kabupaten Ponorogo Jawa Timur Ditinjau dari Status Sekolah, Lama Mengajar Guru, Latar Belakang Pendidikan Guru dan Kefavoritan Sekolah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina vitdiawati-1572525101.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program remedial pada materi sistem regulasi di SMA se-Kabupaten Ponorogo berdasarkan status sekolah, lama mengajar guru, latar belakang pendidikan guru, dan kefavoritan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan monovariabel yang menggunakan metode survei untuk memperoleh data pelaksanaan program remedial pada materi sistem regulasi di SMA se-Kabupaten Ponorogo. Penelitian dilaksanakan di SMA se-Kabupaten Ponorogo yang berstatus negeri maupun swasta. Populasi penelitian ini meliputi semua sekolah SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Ponorogo dan semua peserta didik yang mengikuti program remedial pada materi sistem regulasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Pengumpulan data menggunakan Human Instrument, pedoman wawancara untuk guru, dan pedoman wawancara untuk peserta didik. Teknis analisis data menggunakan teknis analisis komponen dengan siklus analisis berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan program remedial pada materi sistem regulasi di SMA se-Kabupaten Ponorogo berstatus Negeri lebih baik daripada SMA berstatus Swasta. Akan tetapi tidak ada perbedaan dalam keterlaksanaan program remedial berdasarkan lama mengajar guru biologi. Kemudian, keterlaksanaan program remedial oleh guru dengan latar belakang pendidikan kependidikan lebih baik daripada guru dengan latar belakang pendidikan nonkependidikan. Keterlaksanaan program remedial di SMA Negeri favorit lebih baik daripada SMA Negeri tidak favorit, SMA Swasta Favorit dan SMA Swasta tidak favorit.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Program remedial, keterlaksanaan program remedial, sistem regulasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:52
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53360

Actions (login required)

View Item View Item