Pengaruh Metode Storytelling terhadap Kemampuan Berbicara dan Empati Anak di Kelompok B TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Mouton

Amrullah, Amrullah (2017) Pengaruh Metode Storytelling terhadap Kemampuan Berbicara dan Empati Anak di Kelompok B TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Mouton. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amrullah-15717251042.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode storytelling terhadap: (1) kemampuan berbicara, (2) rasa empati, dan (3) kemampuan berbicara dan empati anak di kelompok B TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sasaran anak kelompok B di TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Subjek penelitian sebanyak 40 anak, terdiri atas 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode storytelling, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji-t untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dan uji multivariate untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap beberapa variabel terikat secara simultan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap kemampuan berbicara anak di kelompok B di TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Nilai signifikansi sebesar 0,047 dengan perbedaan rerata sebesar 8,3. Kedua, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap empati anak. Nilai signifikansi sebesar 0,016 dengan perbedaan rerata sebesar 7. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap kemampuan berbicara dan empati anak. Nilai signifikansi sebesar 0,049. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode storytelling berpengaruh terhadap kemampuan berbicara dan empati anak di kelompok B TK Al-Khairaat Parigi Kabupaten Parigi Moutong.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode storytelling, kemampuan berbicara, empati
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:38
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53359

Actions (login required)

View Item View Item