Pengembangan Media Pembelajaran Geometri SMA Kelas X Berbasis Adobe Flash CS 6 Sebagai Sarana Pendukung Kurikulum 2013 Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.

Rokhani, Siti Umi (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Geometri SMA Kelas X Berbasis Adobe Flash CS 6 Sebagai Sarana Pendukung Kurikulum 2013 Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-umi-rokhani-13709251048.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran geometri SMA dengan menggunakan Adobe Flash CS 6 berorientasi pada kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan hasil belajar peserta didik (meliputi kompetensi inti 1 – 4) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Pengembangan terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) tahap penelitian awal; (2) tahap pembuatan model produk; (3) tahap penilaian. Subjek uji coba penelitian yaitu satu guru matematika dan 34 peserta didik SMA N 8 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk ahli, angket (untuk kepraktisan media oleh guru dan peserta didik; untuk kompetensi inti sikap), dan tes (untuk penilaian kompetensi pengetahuan, keterampilan, kemampuan berpikir kritis dan kreatif). Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar peserta didik. Produk penelitian ini berupa CD media pembelajaran geometri SMA pada kompetensi jarak dan sudut dalam bangun ruang. Media pembelajaran geometri telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi menunjukkan media pembelajaran mencapai kriteria “valid”. Hasil uji coba menunjukkan media pembelajaran mencapai kriteria “sangat praktis”. Keefektifan media pembelajaran dapat dilihat dari hasil angket dan tes. Hasil angket menunjukkan bahwa 91% peserta didik mencapai kriteria baik dalam kompetensi inti sikap spiritual (KI 1) dan 94% peserta didik mencapai kriteria baik dalam kompetensi inti sikap sosial (KI 2). Hasil tes menunjukkan 85% peserta didik mencapai ketuntasan dalam kompetensi inti pengetahuan (KI 3), dan 82% peserta didik mencapai ketuntasan dalam kompetensi inti keterampilan (KI 4). Hasil tes kemampuan berpikir kritis memenuhi kriteria efektif dengan 83,3% peserta didik mencapai kriteria baik. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif memenuhi kriteria efektif dengan 81,4% peserta didik mencapai kriteria baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, kritis, kreatif, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:01
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53356

Actions (login required)

View Item View Item