Pengembangan Modul Pengayaan Materi Perubahan Lingkungan Berbasis SETS Approach dengan Tema Geoheritage untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains.

Tyas, Dewi Nilam (2017) Pengembangan Modul Pengayaan Materi Perubahan Lingkungan Berbasis SETS Approach dengan Tema Geoheritage untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-nilam-tyas-15725251050.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul pengayaan materi perubahan lingkungan berbasis SETS approach dengan tema geoheritage; (2) keefektifan modul yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik; dan (3) keefektifan modul yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah yang dikembangkan Borg & Gall yang meliputi: riset dan mengumpulkan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan produk awal, revisi produk awal sehingga diperoleh produk utama, uji lapangan produk utama, revisi produk utama, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Modul pengayaan yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi, kemudian oleh guru biologi, teman sejawat dan peserta didik. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu peserta didik yang telah tuntas materi perubahan lingkungan (KD 3.11 dan KD 4.11). Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Wonosari. Uji coba lapangan dilaksanakan di sekolah yang sama dengan kelas X MIA 1 dan X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara, angket, lembar penilaian produk, lembar penilain diri serta soal pretest dan post-test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi sains. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk belajar mandiri pada program pengayaan materi pokok perubahan lingkungan dan termasuk kategori sangat baik; (2) modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (gain score = 0,78); dan (3) modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik (gain score = 0,76). Keefektivan modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis maupun literasi sains dibuktikan dengan uji independent sample t-test yang menunjukkan signifikansi 0,000 (p< 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pengayaan, SETS approach, geoheritage, berpikir kritis, literasi sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:14
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53351

Actions (login required)

View Item View Item