Pengembangan “Virtual Physics World” sebagai Media Meningkatkan Keterampilan Penerapan Ilmu Fisika Sehari-Hari

Kumalasari, Megawati (2017) Pengembangan “Virtual Physics World” sebagai Media Meningkatkan Keterampilan Penerapan Ilmu Fisika Sehari-Hari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis_megawati-kumalasari-14707251019.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan aplikasi Virtual Physics World sebagai media pembelajaran materi kesetimbangan benda tegar yang dihasilkan, (2) mengetahui kelayakan aplikasi Virtual Physics World yang dihasilkan dalam meningkatkan keterampilan penerapan fisika sehari-hari siswa, (3) mengetahui peningkatan keterampilan penerapan ilmu fisika sehari-hari setelah menggunakan Virtual Physics World. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Allesi & Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Ujicoba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang masing-masing terdiri dari dua orang. Selanjutnya, uji alfa mendapatkan masukan ahli yang menjadi bahan perbaikan produk agar dapat melangkah ke uji beta. Uji beta dilakukan terhadap 27 siswa kelas XI. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes. Kemudian instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket, dan kisi-kisi soal. Data angket dianalisis dengan mencari nilai rata-rata untuk mengetahui kriteria kelayakan produk, sedangkan data tes dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa. Penelitian ini menghasilkan Virtual Physics World yang layak untuk siswa SMA sesuai dengan spesifikasi produk yang memiliki (1) Kelayakan produk berdasarkan hasil uji alfa oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,47 (sangat layak). Validasi oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 2,93 (layak). Angket penilaian siswa terhadap produk mendapatkan skor rata-rata 3,82 (sangat layak), (2) Skor rata-rata keterampilan siswa mendapatkan nilai 82 untuk pre test dan 89 untuk post test. (3) Sedangkan perhitungan N-Gain terhadap hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan skor siswa dengan rincian 33% siswa pada kategori rendah, 60% siswa pada kategori sedang, dan 7% siswa pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Virtual Physics World, pembelajaran fisika, keterampilan penerapan fisika
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:06
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53350

Actions (login required)

View Item View Item