Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara dan Kecerdasan Emosional Anak pada Kelompok B TK Al-Amien Yogyakarta

Hermansyah, Agung Wahyu (2017) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara dan Kecerdasan Emosional Anak pada Kelompok B TK Al-Amien Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agung-wahyu-hermansyah-15717251030.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode bermain peran. Pertama, pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara. Kedua, pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan emosional. Ketiga, pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara dan kecerdasan emosional anak kelompok B TK Al-Amien Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sasaran anak kelompok B pada TK Al-Amien Yogyakarta. Responden penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan jumlah 16 anak dan kelompok kontrol dengan jumlah 16 anak yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode bermain peran, sedangkan keompok kontrol diberikan perlakuan konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis statistik dengan menggunakan uji-t pada program SPSS.16 untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan uji manova untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap beberapa variabel terikat secara simultan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Al-Amien Yogyakarta. Nilai signifikansi sebesar 0,013 dengan perbedaan rerata sebesar 7,50. Kedua, ada pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kecerdasan emosional anak. Nilai signifikansi sebesar 0,018 dengan perbedaan rerata sebesar 6,26. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara dan kecerdasan emosional anak. Nilai signifikansi sebesar 0,045. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berbicara dan kecerdasan emosional anak kelompok B TK Al-Amien Yogyakarta

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, kemampuan berbicara, kecerdasan emosional.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:56
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53349

Actions (login required)

View Item View Item