Komparasi Keefektifan Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA Model Guided Discovery terhadap kompetensi kognitif, Sikap Teliti dan Keterampilan Psikomotorik Siswa pada SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape

Untari, Titin (2017) Komparasi Keefektifan Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA Model Guided Discovery terhadap kompetensi kognitif, Sikap Teliti dan Keterampilan Psikomotorik Siswa pada SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titin-untari-15708259004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan SSP IPA model Guided discovery terhadap: 1) kompetensi kognitif IPA; 2) sikap teliti: 3) keterampilan psikomotorik pada kelas VIII SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape; 4) perbandingan keefektifan SSP IPA model guided discovery pada kelas VIII SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape pada kelas VIII SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent (pretest and posttest) group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sekolah ini dilakukan secara purposive yaitu berdasarkan pada akreditasi sekolah yaitu SMP N 1 Sape (sekolah yang berakreditasi A) dan SMP N 5 Sape ( sekolah berakreditasi B). Pengambilan sampel dilakukan dengan menentukan satu kelas pada masing-masing sekolah yang akan diberikan perlakuan guided discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur kompetensi kognitif, sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan non tes berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengukur sikap teliti dan keterampilan psikomotorik siswa selama perlakuan diberikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil pengembangan SSP IPA model guided discovery oleh Bekti Prasetyaningsih yang telah terbukti valid secara empiris. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji independent sampel t-test, pair sample t-test dan repeated measure (pengukuran berulang) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan perangkat SSP IPA model guided discovery efektif meningkatkan kompetensi kognitif pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape. (2) Pembelajaran dengan menggunakan perangkat SSP IPA model guided discovery efektif meningkatkan sikap teliti pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape. (3) Pembelajaran dengan menggunakan perangkat SSP IPA model guided discovery efektif meningkatkan keterampilan psikomotorik pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Sape dan SMP N 5 Sape. (4) Berdasarkan nilai rata-rata dan uji perbandingan penggunaan perangkat SSP IPA Model guided discovery untuk kompetensi kognitif dan sikap teliti, cenderung lebih efektif ketika diterapkan di SMP N 1 Sape dibandingkan SMP N 5 Sape, sedangkan untuk keterampilan psikomotorik, beda sekolah menunjukan hasil keefektifan yang sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP IPA, guided discovery, kompetensi kognitif, sikap teliti, keterampilan psikomotorik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:31
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53346

Actions (login required)

View Item View Item