PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PANDUAN BELAJAR UNTUK MATERI SISTEM REGULASI PADA SUBMATERI SISTEM INDRA DI SMA KELAS XI SEMESTER II

Wulandari, Noni (2017) PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PANDUAN BELAJAR UNTUK MATERI SISTEM REGULASI PADA SUBMATERI SISTEM INDRA DI SMA KELAS XI SEMESTER II. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
8. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas LKS indra penglihatan ditinjau dari beberapa aspek berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan guru biologi, serta tanggapan siswa dalam penggunaan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development and production, implementation, and evaluation). Tahap yang dikembangkan dalam menyusun LKS ini hanya sampai ADD (Analysis, Design, and Development) dengan ditambah uji coba secara terbatas. Penilaian kualitas LKS ini dilakukan oleh 3 dosen ahli materi dan media, 3 guru biologi, serta tanggapan penggunaan LKS oleh 15 siswa kelas XI SMA N 1 Boyolali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kualitas LKS berdasarkan penilaian oleh dosen ahli materi dengan skor aspek kebenaran dan keluasan konsep 26.5, aspek kebahasaan 17.4, aspek kegiatan/pengamatan 6.9, aspek keterampilan dan evaluasi belajar 21 dengan kriteria “Sangat Baik” dan berdasarkan penilaian dosen ahli media dengan skor aspek kebahasaan 15, aspek tampilan 26.7 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, dan guru Biologi dengan skor aspek kebenaran dan keluasan konsep 9.9, aspek kebahasaan 18.8, aspek kegiatan/pengamatan 6.9, aspek tampilan 28.2, aspek keterampilan dan evaluasi belajar 21 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Tanggapan siswa dalam penggunaan LKS pada aspek penyajian, tampilan dan penggunaan termasuk dalam kriteria “Sangat Setuju”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: indra penglihatan, LKS, penyusunan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53338

Actions (login required)

View Item View Item