Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta.

Ngadiyono, Ngadiyono (2017) Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ngadiyono-08705251003.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan guru MIN 2 Sleman; (2) mengetahui peran kepala sekolah, guru dan karyawan MIN 2 Sleman dalam implementasi pendidikan karakter;(3)mengidentifikasi nilai-nilai yang diimplementasikan dalam pendidikan karakter di MIN 2 Sleman; (4) menghasilkan pola implementasi pendidikan karakter di MIN 2 Sleman; dan (5) menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di MIN 2 Sleman. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta dengan mengambil subjek penelitian kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan orang tua siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, pengorganisasian data, data display, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut. (1) Kepala madrasah telah melakukan perencanaan pendidikan karakter secara terprogram dalam visi dan misi MIN 2 Sleman. Guru telah melakukan perencanaan pendidikan karakter dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Kepala madrasah memiliki peran sebagai leader dengan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan dan mengawasi program implementasi pendidikan karakter. Para guru memiliki peran mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, melakukan transfer of knowledge dan transfer of value, sebagai teladan, pengawas, dan evaluator implementasi pendidikan karakter. Karyawan memiliki peran sebagai penyedia fasilitas sarana dan prasarana. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di MIN 2 Sleman adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. (4) Implementasi pendidikan karakter di MIN 2 Sleman dilaksanakan secara terintegrasi pada setiap mata pelajaran dan setiap kegiatan ekstrakurikuler. (5) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di MIN 2 Sleman meliputi visi dan misi madrasah, komitmen kepala madrasah, SDM guru, karyawan, dan orang tua siswa serta lingkungan masyarakat yang Islami. Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di MIN 2 Sleman meliputi sistem manajerial madrasah, persepsi yang belum sama, beban kerja guru, siswa yang nakal, wali siswa yang kurang peduli dan perkembangan media elektronik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, madrasah ibtidaiyah
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:25
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53331

Actions (login required)

View Item View Item