Hedayani, Eka (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Learning Trajectory Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Untuk Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-eka-hedayani-15709259008.swf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP dengan berbasis learning trajectory yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat Pembelajaran ini terdiri atas Silabus, RPP dan LKS yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Plomp: 1) penelitian awal yang meliputi analisis lingkungan dan kondisi siswa serta kajian literatur, 2) desain dan pengembangan, dan 3) penilaian. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim dengan menggunakan 6 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah dan uji coba lapangan di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran geometri berbasis learning trajectory yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk memenuhi kategori valid. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk mencapai kategori sangat baik, hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kategori sangat baik dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa diatas 80%. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari hasil uji coba lapangan. Persentase ketuntasan tes kemampuan berpikir kritis secara klasikal adalah 76,92% dan kreatif sebesar 82,05%. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, perangkat pembelajaran geometri, lintasan belajar, kemampuan berpikir kritis dan kreatif |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 03:19 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |