TINGKAT KESULITAN GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013

Romadhoni, Faizal Rofiq (2017) TINGKAT KESULITAN GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan guru PJOK SMP Negeri se-Kabupaten Kulon Progo dalam melaksanakan pembelajaran PJPOK menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket dengan nilai validitas 0,854 dan nilai reliabilitas 0,972. Populasi pada penelitian ini guru PJOK SMP Negeri se-Kabupaten Kulon Progo dalam melaksanakan pembelajaran yang berjumlah 23 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Pengelompokan kategori menjadi sangat tingi, tinggi, sedang, rendah, sangat rendah. Hasil penelitian diketahui tingkat kesulitan Guru PJOK SMP Negeri se Kabupaten Kulon Progo dalam melaksanakan pembelajaran PJOK menggunakan kurikulum 2013 dari faktor internal dan eksternal menunjukkan kategori sangat tinggi sebanyak 1 orang (4,34 %), yang berkategori tinggi sebanyak 8 orang (34,78 %), yang mempunyai kategori sedang sebanyak 6 orang (26,08 %), yang berkategori rendah sebanyak 7 orang (30,43 %) dan yang sangat rendah sebanyak 1 orang (4,34 %). Faktor internal seperti kemampuan guru dalam menggunakan variasi gaya mengajar dan kemampuan membuat administrasi mengajar membuat guru kesulitan mengimplementasikan kurikulum 2013. Faktor eksternal seperti belum siapnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran dan kesiapan siswa sangat berpengaruh pada lancarnya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, Guru PJOK, pembelajaran PJOK, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53323

Actions (login required)

View Item View Item