Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun.

Cahyati, Nika (2017) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nika-cahyati-15717251033.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap; (1) karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun, (2)nkarakter disiplin anak usia 5-6 tahun, dan (3) karakter tanggung jawab dan disiplin secara bersama-sama pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest nonequevalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kuningan dengan sampel satu kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen, pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan teknik undian. Data dikumpulkan melalui teknik observasi karakter tanggung jawab dan disiplin. Data hasil penelitian dianalisis dengan bantuan program SPSS 20 for windows, data dianalisis dengan uji MANOVA dengan rumus T2 Hotelling Trace pada tarif signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh video pembelajaran terhadap karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun dengan nilai signifikansi < 0,05; (2)nterdapat pengaruh video pembelajaran terhadap karakter disiplin anak usia 5-6 tahun dengan nilai signifikansi < 0,05; (3) terdapat pengaruh video pembelajaran berpengaruh terhadap karakter tanggung jawab dan disiplin anak usia 5-6 tahun dengan nilai signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, karakter, tanggung jawab, disiplin.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:37
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53320

Actions (login required)

View Item View Item