Wiwit Mugi Inayah, Wiwit Mugi Inayah (2017) SOCIAL ADVENTURE GAMES BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) MAKER XP SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII MATERI MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN. S1 thesis, FIS.
|
Text
1. TAS Halaman Depan_10416241027.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
2. TAS BAB I_10416241027.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
4. TAS BAB III_10416241027.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
6. TAS BAB V, daftar pustaka, dan lampiran_10416241027.pdf Download (25MB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKASAN SKRIPSI_10416241027.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
8. E-JURNAL_10416241027.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKASAN SKRIPSI_10416241027.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk “Social Adventure Game Berbasis Role Playing Game (RPG) Maker XP sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan”; dan 2) Mengetahui kelayakan “Social Adventure Game Berbasis Role Playing Game (RPG) Maker XP sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan ADDIE dari Dick and Carry. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purbalingga. Instrumen pengumpulan data berupa angket penilaian validator dan angket tanggapan pengguna. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk “Social Adventure Game Berbasis Role Playing Game (RPG) Maker XP sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan” dengan tahapan meliputi: a) Analysis (Analisis), b) Design (Desain), c) Developing (Pengembangan), d) Implementation (Implementasi); dan 2) “Social Adventure Game Berbasis Role Playing Game (RPG) Maker XP sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan” mendapat skor penilaian 4,33 dari ahli materi dengan klasifikasi sangat layak, sedangkan dari ahli sumber belajar mendapat skor penilaian 3,64 dengan klasifikasi layak. Selain itu, berdasarkan tanggapan pengguna mendapatkan skor 4,46 dari guru IPS dengan klasifikasi sangat layak, sedangkan dari tanggapan siswa mendapat skor 4,81 pada uji coba kelompok kecil dan 4,78 pada uji coba kelompok besar keduanya dengan klasifikasi sangat layak. Kata kunci: Game, Sumber Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 01:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |