Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbuka untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Laju Reaksi

Wildasari, Kustri (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbuka untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Laju Reaksi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kustri-wildasari-15728251029.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi laju reaksi antara penerapan model pembelajaran inkuiri terbuka dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes-postes kontrol grup. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA SMA se-Indonesia yang setara. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas XI MIA 1 dan MIA 2 pada SMAN 1 Seyegan yang berjumlah 60 peserta didik. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu pembelajaran laju reaksi kimia menggunakan model pembelajaran inkuiri terbuka, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran laju reaksi kimia menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian keterampilan metakognitif, angket dan lembar observasi sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu MANOVA dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi laju reaksi antara penerapan model pembelajaran inkuiri terbuka dan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kimia, metode pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2017 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 12:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53310

Actions (login required)

View Item View Item