Pengembangan Media Pembelajaran IPA Bentuk Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP

Yani, Fitri (2017) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Bentuk Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-yani-15708259007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran IPA bentuk komik berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas VII SMP pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, dan (2) menghasilkan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas VII SMP pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall yang meliputi tujuh langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) validasi, (5) uji coba dan revisi produk, (6) produk akhir dan (7) diseminasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Yogyakarta. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 79 siswa dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan siswa dari kelas VIIB sejumlah 15 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 32 siswa dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VIIF sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi produk, soal uraian kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi sikap ilmiah, angket respon siswa terhadap komik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap media pembelajaran IPA yang dikembangkan, respon siswa terhadap komik, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil tes kemampuan pemecahan masalah, dan hasil observasi sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian berupa media pembelajaran IPA bentuk komik berbasis PBL yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas VII SMP. Media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2017 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 12:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53309

Actions (login required)

View Item View Item