Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik SMP

Handayani, Wuri (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wuri-handayani-15708259020.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle yang layak untuk pembelajaran IPA materi “Energi” peserta didik kelas VIII SMP, dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap tanggung jawab peserta didik kelas VIII SMP Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dengan 8 langkah dari 10 langkah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan dan perancangan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba produk awal, (5) revisi hasil uji coba produk awal, (6) uji coba produk utama, (7) revisi hasil uji coba produk utama, dan (8) diseminasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mamuju. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VIII . Subjek uji coba awal menggunakan sembilan peserta didik kelas VIII.4. Subjek uji coba produk utama menggunakan 29 peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan lembar validasi produk berupa angket, serta instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket respon peserta didik terhadap LKPD. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian berupa seperangkat pembelajaran IPA berbasis model learning cycle yang terdiri dari Silabus, RPP, LKPD dan penilaian yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi energi pada peserta didik kelas VIII SMP dengan nilai sangat baik menurut ahli materi, teman sejawat, dan guru IPA. Perangkat pembelajaran yang digunakan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap tanggung jawab peserta didik kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ilmu pengetahuan alam, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2017 04:26
Last Modified: 29 Jan 2019 12:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53290

Actions (login required)

View Item View Item