PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN STRATEGI BRAINWRITING PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN

Budiargo, Intan Rizkiana (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN STRATEGI BRAINWRITING PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Intan Rizkiana B, 13201244007, PBSI B 2013.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan penerapan strategi brainwriting pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman yang terdiri atas 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen sebagai desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, analisis dokumen, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang dibantu dengan data kuantitatif. Kriteria validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas proses, hasil, demokratis, dan dialog. Reliabilitas diwujudkan dengan penyajian data asli penelitian yang meliputi transkrip wawancara, catatan lapangan, angket, foto, dan dokumentasi tugas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada beberapa aspek, misalnya pada aspek pelaksanaan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, keaktifan siswa, dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan proses pembelajaran tersebut diukur dari keantusiasan siswa, keberanian siswa dalam bertanya, dan perhatian siswa elama pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai menulis puisi siswa. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis siswa 72,49 dan pada Siklus II meningkat sebesar 12,06% menjadi 84,55. Dengan demikian, penerapan strategi brainwriting dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman. Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, strategi brainwriting.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, puisi, strategi brainwriting.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53279

Actions (login required)

View Item View Item