EFEKTIVITAS STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN KARAKTER TOKOH DAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sridiani, Nisa Febria (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN KARAKTER TOKOH DAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Nisa Febria Sridiani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 November 2027.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan mengidentifikasi tokoh dan struktur teks fabel antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan strategi Pemetaan Karakter Cerita dan peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) menguji efektivitas strategi Pemetaan Karakter Cerita dalam mengidentifikasi tokoh dan struktur teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pratest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu prates dan pascates. Validitas yang digunakan adalah vaiditas isi dan valisitas konstruk. Uji reliabilitas meggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,814. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik simpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks fabel antara peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman teks fabel dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman teks fabel dengan menggunakan metode konvensional pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) strategi Pemetaan Karakter Cerita terbukti efektif dalam pembelajaran membaca teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t selisih prates-pascates kelompok eksperimen dan selisih prates-pascates kelompok kontrol dengan nilai sig.(2-tailed) 0,019. Kata kunci: efektivitas, strategi Pemetaan Karakter Cerita, menentukan karakter tokoh dan struktur teks fabel

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, strategi Pemetaan Karakter Cerita, menentukan karakter tokoh dan struktur teks fabel
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53273

Actions (login required)

View Item View Item