PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN PUISI BAGI SISWA SMA/MA KELAS X

Arvianti, Fauziyah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN PUISI BAGI SISWA SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (453MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran klik puisi berbasis komputer yang ditinjau dari aspek materi pembelajaran, isi pembelajaran, tampilan media, dan pemrograman media. Media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan materi pembelajaran puisi pada kelas X SMA/MA kurikulum 2013 revisi tahun 2016, yaitu pada kelompok wajibkompetensi dasar (3.17) menganalisis unsur pembangun puisi, dan (4.17) menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji,struktur, perwajahan). Kelompok peminatan ilmu-ilmu bahasa dan budaya kompetensi dasar (3.8) menganalisis puisi bertema sosial,budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, versifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat), dan (4.8) menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, versifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan hanya pada batas uji validasi ahli dan revisi produk. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala Likert dengan rentang skor 1sampai 5. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan penjelasan sebagai berikut. Aspek kualitas materi memperoleh nilai rerata 4.1 dengan tingkat kelayakan 82% dan berkategori “Baik”. Aspek isi memperoleh nilai rerata 4.2 dengan tingkat kelayakan 94% dan berkategori “Sangat Baik”. Aspek tampilan memperoleh nilai rerata 4.3 dengan tingkat kelayakan 86% dan berkategori “Sangat Baik”, sedangkan aspek pemrograman memperoleh nilai rerata 4 dengan tingkat kelayakan 80% dan berkategori “Baik”. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis komputer, pembelajaran puisi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, berbasis komputer, pembelajaran puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53271

Actions (login required)

View Item View Item