PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTATIF DENGAN PEMANFAATAN PRAKTIK ANALISIS WACANA KRITIS SISWA KELAS X SMAN 5 YOGYAKARTA

Gofur, Agus Abdul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTATIF DENGAN PEMANFAATAN PRAKTIK ANALISIS WACANA KRITIS SISWA KELAS X SMAN 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
SKRIPSI_Agus Abdul Gofur_12201244030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas X.3 SMAN 5 Yogyakarta dengan pemanfaatan praktik Analisis Wacana Kritis (AWK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.3 SMAN 5 Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes menulis argumentatif, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratis, proses, dialogis) dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan praktik Analisis Wacana Kritis (AWK) dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentatif dari segi proses maupun produk pada siswa kelas X.3 SMAN 5 Yogyakarta. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari peran guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respons positif melalui sikap kerja dan antusias siswa dalam memproduksi tulisan argumentasi, serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Peningkatan proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor tulisan argumentasi siswa dari pratindakan hingga siklus II. Rata-rata skor pada saat pratindakan sebesar 70,33, rata-rata pada siklus I sebesar 73,83, dan rata-rata pada siklus II sebesar 79,54. Kenaikan skor rata-rata dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 9,2 atau 13,07%. Kata kunci: peningkatan, pembelajaran, menulis, Argumentatif, Analisis Wacana Kritis (AWK).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, pembelajaran, menulis, argumentatif, Analisis Wacana Kritis (AWK).
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53269

Actions (login required)

View Item View Item