KEEFEKTIFAN MODEL CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUNTILAN

Amalia, Lila Oktaviani (2017) KEEFEKTIFAN MODEL CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LILA OKTAVIANI AMALIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model concept sentence dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan model concept sentence dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan. Model concept sentence merupakan model pembelajaran yang kooperatif. Pembelajaran dilakukan dengan memberikan kartu-kartu yang berisi kata kunci. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas yang berupa model concept sentence dan variabel terikat yang berupa kemampuan siswa menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan yang terdiri atas enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes awal dan tes akhir. Validitas instrumen yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli (expert judgement). Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis teks berita menggunakan model concept sentence dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis teks berita menggunakan model konvensional. Perbedaan tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t skor postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan penghitungan tersebut diperoleh nilai t sebesar -5,528 dengan df 58 dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000>0,05). Kedua, model concept sentence efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t skor pretes dan postes kelompok eksperimen serta nilai gain score kedua kelompok tersebut. Diperoleh nilai t sebesar -51,766 dengan df 29 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (0,000<0,05). Selanjutnya, gain score kelompok eksperimen sebesar 5,17 sedangkan kelompok kontrol sebesar 4,15. Kata kunci : keefektifan, model concept sentence, menulis teks berita

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model concept sentence, menulis teks berita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53268

Actions (login required)

View Item View Item