PENGARUH MOTIVASI, KETERSEDIAAN BACAAN,DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS FIKSI SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Sawitri, Hanifah (2017) PENGARUH MOTIVASI, KETERSEDIAAN BACAAN,DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS FIKSI SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi terhadap kemampuan menulis fiksi, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh ketersediaan bacaan terhadap kemampuan menulis fiksi, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis fiksi, (4) mengetahui ada atau tidaknya efektivias model pengujian (model yang diuji dengan analisis regresi) motivasi, ketersediaan bacaan dan kebiasaan membaca untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan metode Expost facto dalam bentuk kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A,B,C,D,F yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Validitas menggunakan validitas isi dengan expert judgement sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Instrumen menggunakan angket dan tes kinerja untuk mengetahui kemampuan menulis fiksi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Selajutnya analisis data menggunakan korelasi product moment. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda dan pengolahan data dibantu dengan program IBM SPSS: 23. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan kemampuan menulis fiksi, koefisien korelasi ditunjukkan dengan nilai signifikansi 5% (0,053 > 0,05). Kedua, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan bacaan dengan kemampuan menulis fiksi, koefisien korelasi ditunjukkan dengan nilai signifikansi 5% (0,990 < 0,05). Ketiga, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis fiksi, dengan nilai signifikansi 5% (0,131 < 0,05). Keempat, tidak terdapat efektivitas model pengujian variabel motivasi, ketersediaan bacaan, dan kebiasaan membaca untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi dengan R square 0,034 (3,4%). Model pengujian tidak efektif untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi sebesar 3,4%. Sumbangan yang diberikan cukup kecil karena sisanya 96,6% tidak dapat dijelaskan karena model dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: pengaruh, motivasi, ketersediaan bacaan, kebiasaan membaca, menulis fiksi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, motivasi, ketersediaan bacaan, kebiasaan membaca, menulis fiksi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53267

Actions (login required)

View Item View Item