REFLEKSI RESPON GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK

Rusianto, Erlan Dwi (2017) REFLEKSI RESPON GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi full pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menyebabkan banyaknya perubahan yang dirasakan oleh guru Penjasorkes seperti dalam administrasi guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, model pembelajaran, dan penilaian hasil belajar sehingga menyebabkan berbagai respon dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru penjasorkes di SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru Penjasorkes yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Objek penelitian ini adalah respon guru penjasorkes SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan respon guru penjasorkes SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga menunjukkan respon yang positif meskipun dalam penerapannya masih ada yang belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Respon, guru penjasorkes, Kurikulum 2013.
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53264

Actions (login required)

View Item View Item