PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR JASA BANK LAINNYA BERBANTUAN EDMODO UNTUK SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Rohman, Muhammad Khaidar (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR JASA BANK LAINNYA BERBANTUAN EDMODO UNTUK SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muhammad Khaidar Rohman_12803244035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penilitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan edmodo, sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017; mengetahui kelayakan media pembelajaran berbantuan edmodo pada kompetensi dasar jasa bank lainnya berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru; serta mengetahui respon siswa mengenai media yang dikembangkan tentang kemenarikan dan perlu atau tidaknya penggunaan media untuk pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan research and development (R&D) dengan model pendekatan pengembangan menggunakan ADDIE. Instrumen penelitian menggunakan angket sebagai lembar penilaian yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Pengembangan yang dilakukan dengan model pendekatan ADDIE hanya sampai pada tahap Implemetation. Data didapat melalui angket diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Analysis kebutuhan, diperlukan media pembelajaran yang mendukung berbagi berkas melalui internet, hasil dari analisis kompetensi, menghasilkan kesimpulan bahwa kompetensi dasar jasa bank lainnya paling sesuai digunakan dalam penelitian. 2) Design, hasil perancangan pola pembelajaran menghasilkan tata pelaksanaan penelitian dan hasil perancangan modul menghasilkan 6 modul berbeda yang membahas materi jasa bank lainnya. 3) development, menghasilkan media pembelajaran pada kompetensi dasar jasa bank lainnya berbantuan edmodo dengan telah memenuhi kriteria layak, hasil penilaian yang didapat: 1) Dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,18 (layak), 2) Dari ahli media mendapatkan rerata skor 4,05 (layak), 3) Dari guru mendapatkan rerata skor 4 (layak). 4) Implementation, uji coba produk untuk menghasilkan data angket respon siswa, dengan hasil yang didapat tentang kemenarikan media mendapatkan pesentase 78% (menarik), 2) Angket respon siswa tentang perlu/tidaknya penggunaan media pembelajaran mendapatkan rerata skor 3,35 (netral).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbantuan Edmodo, Edmodo, Respon siswa, ADDIE
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53261

Actions (login required)

View Item View Item