Khasanah, Miftah Uswatun and Hartono, Hartono (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
01 Halaman Awal.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
02 BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
03 BAB II.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
04 BAB III.pdf Download (495kB) | Preview |
|
![]() |
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
|
Text
07 Daftar Pustaka.pdf Download (305kB) | Preview |
|
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (29kB) |
|
![]() |
Text
08 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran matematika interaktif berorientasi problem based learning pada materi faktorisasi bentuk aljabar untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas multimedia berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Desain penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian media oleh ahli materi, ahli media dan guru untuk mengukur kevalidan; angket respon dan lembar observasi keterlakasanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan; serta 12 butir soal tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan media. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran matematika interaktif berorientasi problem based learning pada materi faktorisasi bentuk aljabar untuk siswa SMP kelas VIII beserta rencana pelaksanaan pembelajarannya. Uji coba produk dilakukan kepada 32 siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Berdasarkan penilaian oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media, diperoleh skor rata-rata 4,32 dengan kriteria sangat baik, dan penilaian media oleh guru diperoleh skor rata-rata 4,76 dengan kriteria sangat baik; dengan demikian media dinyatakan valid. Hasil analisis data angket respon guru menunjukkan bahwa media memiliki skor rata-rata 4,8 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa media memiliki skor ratarata 3,91 dengan kriteria baik. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi sangat baik dengan persentase mencapai 90,59%, dengan demikian media dinyatakan praktis. Hasil penilaian tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa media efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal mencapai 81,25%. Sementara itu, siswa memberi respon yang baik terhadap media yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, multimedia interaktif, problem based learning, faktorisasi bentuk aljabar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 02:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |