ANALISIS KARAKTERISTIK LUKISAN ANAK DI TK AL-MUTTAQIN GAMPING YOGYAKARTA KELOMPOK B2 BERDASARKAN PERIODISASI PERKEMBANGAN LUKISAN ANAK VIKTOR LOWENFELD

Tri Utami, Hahanani (2017) ANALISIS KARAKTERISTIK LUKISAN ANAK DI TK AL-MUTTAQIN GAMPING YOGYAKARTA KELOMPOK B2 BERDASARKAN PERIODISASI PERKEMBANGAN LUKISAN ANAK VIKTOR LOWENFELD. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAS MAHANANI TRI UTAMI.PDF
Restricted to Repository staff only until 13 October 2018.

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik lukisan anak di TK Al-Muttaqin Gamping Yogyakarta Kelompok B2 usia 6 sampai 7 tahun berdasarkan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan 28 anak TK Al-Muttaqin Kelompok B2. Data dianalisis secara deskriptif dengan mendeskripsikan dan membahas karakteristik lukisan anak TK Al-Muttaqin Kelompok B2 berjumlah 28 lukisan berdasarkan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld dan dinilai oleh tiga ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan unsur bentuk, warna, dan ruang, karakteristik lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi pra bagan berjumlah 16 lukisan menunjukkan satu tingkat lebih tinggi dari periodisasi yang terdapat pada teori perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld. Lukisan anak pada periodisasi pra bagan menunjukkan karakteristik lukisan anak pada periodisasi bagan. Dengan demikian karakteristik lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi pra bagan tidak sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld. (2) Lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi bagan berjumlah 12 lukisan menunjukkan karakteristik yang sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld. Dengan demikian karakteristik lukisan anak di TK Al-Muttaqin Gamping Yogyakarta Kelompok B2 tidak sepenuhnya sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53252

Actions (login required)

View Item View Item