LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Widya Ginanjar, Widya Ginanjar (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13405244021_WIDYA GINANJAR_P.GEOGRAFI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah dan menerapkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jetis yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agenda-agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Geografi pada khususnya. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program kerja dan kegiatan PPL. Program kerja PPL diantaranya pengadaan media pembelajaran berupa atlas, pengadaan replika batuan, dan pelatihan peta tematik teknik overlay sederhana. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktik mengajar dilaksanakan, pembuatan catatan mingguan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas X IPS 1, XI IPS 1, XI IPX 2, dan XI IPS 3. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 15 jam pelajaran dalam satu minggu. Selama melaksanakan PPL, vii mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang baik dengan peserta didik, guru pembimbing maupun pihak sekolah. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Manfaat lain yaitu mahasiswa dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan peserta didiknya, bagaimana cara mengelola kelas dan membuat peserta didik dari yang belum mengetahui materi menjadi memahami materi yang disampaikan. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang sangat berharga terkait hubungan kekeluargaan yang terjalin dengan para siswa SMA Negeri 1 Jetis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program, Pelaksanaan SMA Negeri 1 Jetis
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53247

Actions (login required)

View Item View Item