PERBEDAAN KEEFEKTIFAN ANTARA LAY UP SHOOT MELALUI PAPAN PANTUL DAN LAY UP SHOOT LANGSUNG KE RING BASKET PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA N 1 KARANGANOM KLATEN

Noor Chasanah, Silvi Lutfi Ary (2017) PERBEDAAN KEEFEKTIFAN ANTARA LAY UP SHOOT MELALUI PAPAN PANTUL DAN LAY UP SHOOT LANGSUNG KE RING BASKET PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA N 1 KARANGANOM KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Silvi Lutfi Ary Noor Chasanah-13601244038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat keefektifan antara lay up shoot melalui pantul papan dan lay up shoot langsung ke ring basket dalam permainan bola basket pada siswa SMAN 1 Karanganom Klaten yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket. Serta untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara lay up shoot melalui papan pantul dan lay up shoot langsung ke ring. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif komparatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi penelitian adalahsiswa peserta ekstrakurikuler bola basket di SMAN 1 Karanganom Klaten yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes lay up shoot, yaitu lay up shoot 8 kali melalui papan pantul, dan 8 kali lay up shoot langsung ke ring basket dari Sodikum (1992: 125) yang dimodifikasi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat keefektifan antara lay up shoot melalui pantul papan dan lay up shoot langsung ke ring basket pada siswa SMAN 1 Karanganom yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket, dengan nilai t hitung 2,46 > t tabel 1,71 dan nilai signifikansi 0,02 < 0,05. Nilai rerata lay up shoot melalui papan pantul sebesar 5,31, sedangkan rerata lay up shoot langsung ke ring basket sebesar 4,08. Demikian dapat disimpulkan bahwa lay up shoot melalui papan pantul mempunyai keefektifan yang lebih baik daripada lay up shoot langsung ke ring pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMAN 1 Karanganom Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lay up shoot, pantul papan, ring basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53243

Actions (login required)

View Item View Item