IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BELA NEGARA DI TK GARUDA SLEMAN YOGYAKARTA

Fitria, Hidayatul (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BELA NEGARA DI TK GARUDA SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, KP.

[img] Text
Hidayatul Fitria_13110241011_TAS.10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pedidikan bela negara serta faktor penghambat dan pendukung di TK Garuda Sleman Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan ibu Yayasan Persit Kartika Jaya bagian kependidikan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Garuda VI Medari Sleman adalah sekolah dibawah naungan Yayasan Persit Kartika Jaya. Implementasi kebijakan pendidikan bela negara di cetuskan oleh pihak Yayasan Persit Kartika Jaya, dalam kebijakan pendidikan bela negara memiliki empat program yaitu (1) Pendidikan kedisiplinan, (2) Pendidikan religiositas, (3) Cinta Tanah Air, dan (4) TNI Cilik. Faktor pendukungnya yaitu komitmen warga sekolah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, sarana prasarana yang memadai, pihak kodim 0732 dan Yayasan Persit Kartika Jaya selalu membantu menjalankan program, pihak orangtua dan komite sekolah yang mendukung keberhasilan program. Kendala yang dihadapi berupa komitmen guru yang rendah, kurangnya pemahaman siswa terhadap tata tertib yang ada, kurangnya pemahaman orangtua yang terlalu memanjakan anak, dan tidak diperbolehkan keluar kelas jika ada kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak kodim. Solusinya ada pembekalan khusus sebelum guru mengajar, adanya retreat untuk mengembalikan spirit guru, penempelan kata-karta motivasi dan nilai-nilai bela Negara, adanya sosialisasi kebijakan seolah, mengundang orang tua secara berkala, membangun komitmen bersama dalam membentuk siswa, dan memberikan permainan yang beragam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebijakan, pendidikan, bela Negara
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53234

Actions (login required)

View Item View Item