HUBUNGAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN TERHADAP KETEPATAN LEMPARAN ATAS SOFTBALL ANGGOTA UKM BASEBALL-SOFTBALL UNY

Arba Prakoso, Fahrul (2017) HUBUNGAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN TERHADAP KETEPATAN LEMPARAN ATAS SOFTBALL ANGGOTA UKM BASEBALL-SOFTBALL UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI_FAHRUL ARBA PRAKOSO_11601241033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Softball adalah salah satu olahraga yang sedang populer di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Softball merupakan permainan beregu. Softball merupakan permainan yang mengutamakan memukul dan melempar. Sedangkan kemampuan tiap individu dalam melempar berbeda, contohnya postur tubuh, posisi lengan, posisi kaki dan koordinasi juga harus baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan koordinasi mata dan tangan terhadap lemparan atas softball anggota UKM baseball-softball UNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survey dan teknik pengambilan data dilakukan tes dan pengukuran, dengan tes koordinasi mata dan tangan dari Ismaryati dengan nilai validitas sebesar 0,92 dan nilai reliabilitasnya sebesar 0,835. Sedangkan validitas untuk intsrumen ketepatan lemparan atas sebesar 0,70 dan nilai reliabilitisnya sebesar 0,72. Penelitian dilaksanakan di lapangan baseball-softball Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan april 2017. Subjek penelitian ini adalah anggota UKM baseball-softball UNY yang berjumlah 26 orang. Data hasil tes dan pengukutan kemudian dianalisis untuk menguji hipotesis dengan analisis correlation pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara koordinasi mata dan tangan terhadap ketepatan lemparan atas softball anggota UKM baseball softball UNY. Dengan hasil hubungan koordinasi mata dan tangan terhadap lemparan atas sebesar 0,729 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Sehingga koordinasi mata dan tangan membuktikan bahwa seseorang yang mempunyai koordinasi yang baik maka akurasinya juga sama baiknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata dan tangan, ketepatan, lemparan atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53233

Actions (login required)

View Item View Item