Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler English For Tourism (EFT) di SMA N 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Kirana, Galuh Nastiti (2017) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler English For Tourism (EFT) di SMA N 1 Muntilan, Kabupaten Magelang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Galuh Nastiti Kirana_10110244005_TAS.8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler English For Tourism (EFT) di SMA N 1 Muntilan, Kabupaten Magelang serta faktor-faktor yang mendukung serta menghambat proses perencanaan serta pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler English For Tourism. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Muntilan. Subjek dalam penelitian ini yaitu waka kesiswaan, guru pengampu, tutor, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler EFT di SMAN 1 Muntilan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis adaptasi model interaktif yang meliputi kondensasi data, display data, analisis data dan penarikan kesimpulan (Miles&Huberman). Hasil penelitian memberikan kesimpulan: 1) Persiapan kegiatan ekstrakurikuler EFT di SMAN 1 Muntilan tersebut meliputi : a) Penyelenggara dan tenaga pendidik yang besangkutan melakukan sosialisasi dan koordinator serta melakukan identifikasi kebutuhan pengelenggaraan kegiatan. b) Sosialisasi dengan para siswa dan siswi terkait penyelenggaraan kegiatan EFT. c) Tenaga Pengampu / Tutor menyiapkan materi ajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler EFT dapat diuraikan sebagai berikut : a) menekankan pada bahasa inggris yang lebih kompleks daripada pelajaran bahasa inggris pada umumnya; b) tourism oriented, yang meliputi tanya dan jawab dengan wisatawan, menjawab telepon dari wisatawan, dan lain-lain; c) komunikasi aktif (take and give);d) tidak hanya mempelajari bahasanya saja, namun juga termasuk budaya serta kehidupan sehari-harinya. 3) Faktor-faktor pendukung dalam mewujudkan terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler EFT antara lain : a) Instruksi dan dukungan dari Bupati Magelang; b) Relasi &link orang yang bekerja di TWCB, tempat yang digunakan praktek conversation; c) Tenaga pengampu EFT yang kompeten; d) Ruang kelas yang luas dan nyaman; e) Fasilitas praktek yang memadai. Dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler EFT antara lain : a) Waktu, b)Transportasi; c) Modul & buku ajar; d) Cuaca, bila diharuskan praktek diuar sekolah terkendala cuaca yang sering hujan pada sore hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakuikuler, English For Tourism
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53231

Actions (login required)

View Item View Item