IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD KRISTEN KALAM KUDUS DAN SD MUHAMMADIYAH SURONATAN

Endaryanta, Eruin (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD KRISTEN KALAM KUDUS DAN SD MUHAMMADIYAH SURONATAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eruin Endaryanta_13110241062_TAS.6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman warga kedua sekolah terhadap budaya literasi, strategi dan program kedua sekolah, implementasi di kedua sekolah dan faktor pendukung dan penghambat implementasi program GLS di kedua sekolah. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Subyek penelitian ini terdiri dari 13 orang di SD Kristen Kalam Kudus dan 14 orang di SD Muhammadiyah Suronatan. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga SD Kristen Kalam Kudus memandang budaya literasi sebagai budaya membaca dan menulis sedangkan warga SD Muhammadiyah Suronatan memandangnya sebagai budaya membaca. Strategi SD Kristen Kalam Kudus meliputi menyediakan perpustakaan yang bagus, memperbarui koleksi buku, mewajibkan siswa meminjam 1 buku setiap minggu, penyelenggaraan lomba kepenulisan, pembuatan mading dan orangtua ikut menyediakan buku bagi siswa. Program sekolah meliputi renungan, reading time, pojok baca, ekstrakurikuler mading, pengelolaan perpustakaan dan pengadaan buku, lomba kepenulisan; dan donasi buku. Sedangkan stretegi SD Muhammadiyah Suronatan antara lain memajukan jam masuk sekolah, menyediakan perpustakaan yang nyaman, menambah koleksi buku dan orangtua siswa ikut menyediakan buku bagi siswa. Program sekolah meliputi pengadaan perpustakaan dan koleksi buku, kunjungan perpustakaan, membaca 15 menit sebelum pelajaran, perpustakaan kelas dan pemberian hadiah buku bagi siswa berprestasi. Komitmen pelaksana dan alokasi anggaran menjadi faktor pendukung di kedua sekolah sedangkan budaya literasi belum dimiliki oleh semua guru menjadi faktor penghambat di kedua sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi SD, Gerakan Literasi Sekolah, Program GLS di SD.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53228

Actions (login required)

View Item View Item