IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN PEDULI SISWA (PERWAL NOMOR 57 TAHUN 2016) DI SMP NEGERI 1 MAGELANG

Faridah, Umi (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN PEDULI SISWA (PERWAL NOMOR 57 TAHUN 2016) DI SMP NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Umi Faridah_13110241024_TAS.4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi program Gerakan Peduli Siswa (Perwal Nomor 57 Tahun 2016) di SMP Negeri 1 Magelang, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program Gerakan Peduli Siswa (Perwal Nomor 57 Tahun 2016) di SMP Negeri 1 Magelang, 3) strategi sekolah untuk mengatasi faktor penghambat dalam program Gerakan Peduli Siswa (Perwal Nomor 57 Tahun 2016) di SMP Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian ini mengenai implementasi program Gerakan Peduli Siswa (Perwal Nomor 57 Tahun2016). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, dan teknik. Data analisis menggunakan Interactive Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program didukung oleh komunikasi agen-agen pelaksana melalui rapat kerja, rapat manajeman, surat pemberitahuan kepada orang tua. Sumber daya yang mendukung kegiatan yaitu sumber daya manusia, sumber dana, dan alokasi waktu. Komitmen dari para agen pelaksana, serta struktur birokrasi dari pihak sekolah. Implementasi Program Gerakan Peduli Siswa didukung melalui empat bentuk kegiatan sebagai berikut: Gerakan Pencegahan Kenakalan Siswa/Peserta Didik, Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, Gerakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien, dan Gerakan Infaq dan Shodaqoh. (2) Faktor pendukung berupa ciri khas dari sekolah, sarana prasarana dan partisipasi dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambat misalnya dalam pelaksanaan kegiatan osis peduli masih ada siswa yang tidak berpartisispasi, pengadministrasian yang terlalu rinci dan tidak adanya dana khusus dari Dinas. (3) Upaya sekolah mengatasi faktor penghambat yaitu sosialisasi ditingkatkan dan diperjelas, saling mengingatkan dalam pengadministrasian, adanya dana dan bidang khusus dari Dinas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi program, gerakan peduli siswa
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53226

Actions (login required)

View Item View Item