Latifah, Fauzi (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DAAR NAHDLATUL ULAMA SLEMAN. S1 thesis, KP.
Text
Fauzi Latifah_12110244014_TAS.2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan nilai karakter yang dikembangkan di SD Nahdlatul Ulama, implementasi pendidikan karakter, dan kendala-kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SD Nahdlatul Ulama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa di SD Nahdlatul Ulama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang dikembangkan di SD Nahdltul Ulama ada 13 karakter yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Impelementasi pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran, peraturan sekolah, dan pelaksanaan ekstrakurikuler. Ada kendala-kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SD Nahdlatul Ulama yaitu permainan digital, lingkungan dirumah yang kurang bagus, beberapa guru kurang menguasai anak, pengaruh tontonan TV, dan kurangnya memahami karakter siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai karakter |
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 03:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53224 |
Actions (login required)
View Item |