UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI BERMAIN DENGAN ALAT BANTU BILAH BAMBU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TLOGOPRAGOTO KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Basuki, Rahmat (2017) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI BERMAIN DENGAN ALAT BANTU BILAH BAMBU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TLOGOPRAGOTO KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
RAHMAT BASUKI, PGSD PENJAS, FIK.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masih rendahnya kemampuan gerak dasar lari jarak pendek siswa SD Negeri Tlogopragoto. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari jarak pendek melalui bermain dengan alat bantu bilah bambu pada siswa kelas IV SD Negeri Tlogopragoto Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tlogopragoto Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 15 siswa putri. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain dengan alat bantu bilah bambu dapat meningkatkan pembelajaran lari jarak pendek pada siswa kelas IV SD Negeri Tlogopragoto Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Berdasarkan hasil observasi, terlihat adanya peningkatan, hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 61,5% siswa yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus 2 meningkat 80,8% siswa yang nilainya diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lari jarak pendek, melalui bermain, bilah bambu
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53220

Actions (login required)

View Item View Item