Dinamika Populasi Plankton pada Kolam Pendederan Ikan Nila(Oreochromis niloticus) sebelum Penebaran Benih di Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (BPTPB) Cangkringan

Ningrum, Endah Ratna (2017) Dinamika Populasi Plankton pada Kolam Pendederan Ikan Nila(Oreochromis niloticus) sebelum Penebaran Benih di Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (BPTPB) Cangkringan. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis plankton yang tumbuh dan mengetahui dinamika populasi plankton pada persiapan kolam pendederan ikan nila (Oreochromis niloticus) sebelum penebaran benih di Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (BPTPB) Cangkringan, yang merupakan sumber pakan alami bagi benih ikan nila setelah penebaran nantinya. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Penelitian ini dilakukan pada kolam pendederan dengan luas kolam 50 m2 dan pengambilan sampel air dilakukan selama lima hari berturut-turut dengan plankton net ukuran lubang jaring 0,2 µm pada lima titik pengambilan sampel dengan teknik komposit sebanyak tiga kali pada masing-masing titiknya. Hasil penelitian ini diperoleh jenis plankton yang tumbuh dan dinamika plankton pada persiapan kolam pendederan sebelum dilakukannya penebaran benih terdiri dari 51 jenis dari 12 kelas plankton yang terbagi dalam 6 kelas fitoplankton yaitu Chlorophyceae, Bacillariophyceae, Euglenophyceae, Cyanophyceae, Prymnesiophyceae dan Xantophyceae dan 6 kelas zooplankton yaitu Rotatoria, Maxillopoda, Actinopoda, Branchipoda, Rhizopoda/ Sarcodina dan Ciliata, dan dinamika populasi plankton dengan kelimpahan fitoplankton tertinggi terjadi pada hari ke 4 mencapai 492,66 indv/L pada kelas Bacillariophyceae dan terendah pada hari ke 1 mencapai 2,24 indv/L pada kelas Xantophyceae, untuk zooplankton kelimpahan tertinggi terjadi pada hari ke 4 mencapai 2733,79 indv/L pada kelas Rotatoria dan terendah terjadi pada hari ke 1 mencapai 1,12 indv/L pada kelas Actinopoda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dinamika populasi, plankton, kolam pendederan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53204

Actions (login required)

View Item View Item