Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Kontekstual Berorientasi Financial Literacy

Listiyani, Dwi Hastuti (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Kontekstual Berorientasi Financial Literacy. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-hastuti-listiyani-15709259014.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP yang berkualitas menggunakan pendekatan kontekstual yang mencakup lima kegiatan relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring (REACT) yang berorientasi pada pengembangan kemampuan literasi keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan modifikasi. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi tahap mendefinisikan, mendesain, mengembangkan dan mendiseminasikan. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Patuk yang merupakan sekolah dengan kategori sedang. Data dikumpulkan melalui tes financial literacy, angket sikap keuangan pribadi, lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, lembar penilaian guru, dan lembar penilaian siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif kemudian diubah ke dalam skala lima. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid apabila hasil penilaian ahli baik RPP maupun LKS masuk dalam kategori minimal baik; (2) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis apabila hasil penilaian guru, hasil penilaian siswa, dan persentase keterlaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori minimal baik; dan (3) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif apabila rata-rata hasil tes financial literacy mencapai nilai minimal 75, persentase siswa yang mencapai nilai minimal 75 adalah minimal 75%, dan persentase siswa dengan sikap keuangan dalam kategori minimal baik mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, didasarkan pada hasil penilaian RPP dan LKS oleh ahli masuk dalam kategori sangat baik; (2) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, didasarkan pada hasil penilaian guru, hasil penilaian siswa, dan persentase keterlaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik; dan (3) produk perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif didasarkan pada hasil tes financial literacy yang menunjukkan bahwa 78% siswa telah mencapai nilai minimal 75 dan 88,89% siswa mencapai sikap keuangan minimal baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pendidikan, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:11
Last Modified: 29 Jan 2019 12:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53196

Actions (login required)

View Item View Item