Pengaruh Intensitas Membaca dan Tingkat Keseringan Membaca Karya Sastra terhadap Keterampilan Menulis Kreatif Siswa SMA.

Sari, Nurwulan (2017) Pengaruh Intensitas Membaca dan Tingkat Keseringan Membaca Karya Sastra terhadap Keterampilan Menulis Kreatif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurwulan-sari-12706251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh intensitas membaca; (2) pengaruh tingkat keseringan membaca karya sastra; (3) pengaruh intensitas membaca dan tingkat keseringan membaca karya sastra; (4) mana yang lebih berpengaruh di antara intensitas membaca dan tingkat keseringan membaca karya sastra terhadap keterampilan menulis kreatif siswa SMA Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Intensitas membaca sebagai variabel bebas satu (X1) dan tingkat keseringan membaca karya sastra sebagai variabel bebas dua (X2). Keterampilan menulis kreatif siswa SMA sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified proportionate random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan tes. Data dianalisis dengan teknik statistik korelasi parsial yang diteruskan dengan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas membaca secara signifikan berpengaruh terhadap keterampilan menulis kreatif siswa SMA dengan nilai r sebesar 0,977 p < 0,05; (2) tingkat keseringan membaca karya sastra berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis kreatif siswa SMA dengan nilai r sebesar 0,990 p < 0,05; (3) intensitas membaca dan tingkat keseringan membaca karya sastra berpengaruh terhadap keterampilan menulis kreatif siswa SMA dengan Fhitung sebesar 6623,724 pada taraf signifikansi 0,000; (4) variabel tingkat keseringan membaca karya sastra lebih berpengaruh secara signifikan daripada variabel intensitas membaca terhadap keterampilan menulis kreatif siswa SMA. Hal ini dibuktikan dengan nilai standardized coeficients beta 0,161 < 1,149.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: intensitas membaca, tingkat keseringan membaca karya sastra, keterampilan menulis kreatif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:30
Last Modified: 08 Nov 2022 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53190

Actions (login required)

View Item View Item