Pendapat Guru SMP dan SMA Tentang Learning Continuum Berdasarkan Level Kompetensi dan Materi Pedagogik Spesifik Aspek Klasifikasi Makhluk Hidup yang Ditargetkan bagi Peserta Didik pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Andriani, Aldina Eka (2017) Pendapat Guru SMP dan SMA Tentang Learning Continuum Berdasarkan Level Kompetensi dan Materi Pedagogik Spesifik Aspek Klasifikasi Makhluk Hidup yang Ditargetkan bagi Peserta Didik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aldina-eka-andriani-15725251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan pendapat guru SMP dan SMA tentang learning continuum berdasarkan level kompetensi kognitif dan materi pedagogik spesifik pada aspek klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei yang dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari Oktober 2016 sampai Januari 2017. Pengambilan data menggunakan teknik sensus sehingga diperoleh 281 responden terdiri dari 147 guru IPA SMP dan 134 guru biologi SMA di kota Yogyakarta dan 4 kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunung Kidul. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner yang telah divalidasi melalui FGD (Focus Group Disscussion) yang terdiri dari 3 dosen biologi UNY dan 5 dosen biologi UNS. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendapat guru tentang materi pedagogik spesifik pada aspek klasifikasi makhluk hidup pada jenjang SD, guru SMP dan SMA sepemahaman tidak diajarkan. Pada jenjang SMP, guru SMP dan SMA sepemahaman diajarkan mulai kelas VII dengan kemampuan C2 (Memahami), dan pada jenjang SMA, guru SMP dan SMA sepemahaman diajarkan mulai kelas X dengan kemampuan C2 (Memahami). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa gambaran atau urutan konsep sajian learning continuum pada materi pedagogik spesifik aspek klasifikasi makhluk hidup belum tersusun dari sederhana hingga paling komplek.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aspek Klasifikasi, Learninng Continuum, Level Kompetensi, Materi Pedagogik Spesifik, Pendapat Guru.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:08
Last Modified: 09 May 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53185

Actions (login required)

View Item View Item