Fitriana Ambarwati, Fitriana Ambarwati (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING (JITT) DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP ANGKASA ADISUTJIPTO KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FIS.
|
Text
tas depan. benarrrrpdf 10401241019.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PDF BENAR 10401241019.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III PDF BENAR 10401241019.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PDF BENAR 10401241019.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI PDF 10401241019.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal_Student_Fitriana Ambarwati_10401241019 pdf.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Efektivitas metode pembelajaran Just in Time Teaching dalam upaya meningkatkan minat belajar PKn, 2) Efektivitas metode pembelajaran Just in Time Teaching dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, quasi experiment dengan control group pre test- post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Angkasa Adisutjipto Kabupaten Sleman yang berjumlah 100 orang dengan 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu 4 kelas diambil 2 kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (25 peserta didik) dan kelompok kontrol (25 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian angket atau kuisioner dan pemberian tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan validitas isi (content validity), uji reliabilitas dengan analisis butir soal. Uji Kolmogrov Smirnov untuk normalitas data, uji statistik (tes of variants) untuk homogenitas data, dan uji-t dengan taraf signifikasi 5% dan Gain Score untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan metode pembelajaran Just in Time Teaching efektif dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung pada minat belajar siswa sebanyak 0,668 dan ttabel pada df 48 sebesar 0,007>0,005 (thitung >ttabel ), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000ttabel ) dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,0000,40). Kata Kunci: Just in Time Teaching, Minat dan Prestasi Belajar, PKn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 01:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53180 |
Actions (login required)
View Item |