EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING (JITT) DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP ANGKASA ADISUTJIPTO KABUPATEN SLEMAN

Fitriana Ambarwati, Fitriana Ambarwati (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING (JITT) DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP ANGKASA ADISUTJIPTO KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
tas depan. benarrrrpdf 10401241019.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF BENAR 10401241019.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PDF BENAR 10401241019.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PDF BENAR 10401241019.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI PDF 10401241019.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal_Student_Fitriana Ambarwati_10401241019 pdf.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Efektivitas metode pembelajaran Just in Time Teaching dalam upaya meningkatkan minat belajar PKn, 2) Efektivitas metode pembelajaran Just in Time Teaching dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, quasi experiment dengan control group pre test- post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Angkasa Adisutjipto Kabupaten Sleman yang berjumlah 100 orang dengan 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu 4 kelas diambil 2 kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (25 peserta didik) dan kelompok kontrol (25 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian angket atau kuisioner dan pemberian tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan validitas isi (content validity), uji reliabilitas dengan analisis butir soal. Uji Kolmogrov Smirnov untuk normalitas data, uji statistik (tes of variants) untuk homogenitas data, dan uji-t dengan taraf signifikasi 5% dan Gain Score untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan metode pembelajaran Just in Time Teaching efektif dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung pada minat belajar siswa sebanyak 0,668 dan ttabel pada df 48 sebesar 0,007>0,005 (thitung >ttabel ), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000ttabel ) dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,0000,40). Kata Kunci: Just in Time Teaching, Minat dan Prestasi Belajar, PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53180

Actions (login required)

View Item View Item