Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran Teori Musik Kelas X SMK Negeri 2 Kasihan Bantul

Hastuti, Erni Purwaning (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran Teori Musik Kelas X SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-purwaning-hastuti-12707251003.swf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran teori musik untuk kelas X SMK Negeri 2 Kasihan Bantul yang berisikan tentang bentuk, nilai nada dan sukat; (2) mengetahui kelayakan produk multimedia yang dihasilkan, (3) mengungkapkan keefektifan produk multimedia yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mencakup tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan kegiatan yang dilakukan adalah studi pustaka dan studi lapangan. Pada tahap desain kegiatan yang dilakukan adalah mengembangkan konsep awal, melakukan analisis konsep dan tugas, dan membuat flowchart dan storyboard. Kegiatan yang dilakukan pada tahap pengembangan adalah menyusun teks dan audio, membuat produk, melakukan uji alpha & revisi, melakukan uji beta & revisi, menghasilkan produk akhir, dan melaksanakan tes sumatif dan uji efektivitas. Untuk mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran teori musik dilakukan uji alpha oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media, sedangkan uji beta dan uji efektivitas dilakukan oleh 33 siswa kelas X SMK N 2 Kasihan, Bantul. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest dengan nilai KKM mata pelajaran teori musik yaitu 75. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) produk yang dihasikan adalah multimedia interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, rangkuman, dan evaluasi. (2) Berdasar validasi ahli materi, ahli media dan uji beta, produk multimedia pembelajaran teori musik yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran. Kelayakan dapat diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli materi dengan nilai 4,03 (Baik), ahli media dengan nilai 4,32 (Sangat Baik) dan uji beta dengan nilai 4,25 (Sangat Baik). (3) Berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest, produk multimedia pembelajaran teori musik kelas X ini efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi bentuk, nilai nada, dan sukat. Hal tersebut dapat ditunjukkan adanya peningkatan skor pretest dengan nilai rata-rata 47,45 dan pada skor posttest nilai rata-rata 83,31 dengan rata-rata n-gain yaitu 0,68 dengan kriteria sedang. Nilai terendah pretest adalah 7,89 dan nilai tertinggi adalah 86,84 sedangkan nilai terendah postest 44 dan nilai tertinggi 100. Nilai KKM pada pretest mencapai ketuntasan sebanyak 12,12% dengan rincian, empat peserta mendapatkan nilai tuntas dan 19 siswa belum tuntas. Pada postest peserta yang mencapai ketuntasan sebanyak 81,82% dengan rincian, 27 peserta yang mendapatkan nilai tuntas dan enam siswa belum tuntas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan, musik
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:59
Last Modified: 29 Jan 2019 12:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53179

Actions (login required)

View Item View Item