KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PEMBAGIAN ZONA TOPOGRAFI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Nugraheni, Nilam Cahya (2017) KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PEMBAGIAN ZONA TOPOGRAFI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul pada mata pelajaran biologi, (2) kemampuan literasi sains berdasarkan perbedaan gender, (3) kemampuan literasi sains berdasarkan tempat tinggal, (4) kemampuan literasi sains ditinjau dari lokasi sekolah berdasarkan zona topografi wilayah Kabupaten Gunungkidul, dan (5) persentase peserta didik yang mencapai indikator kompetensi literasi sains berdasarkan PISA 2015. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dari sebelas SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Sampel diperoleh menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 351. Teknik pengumpulan data menggunakan tes literasi sains pada konten biologi dengan indikator kompetensi PISA 2015. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan menghitung skor yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul pada mata pelajaran biologi memiliki rata-rata kategori rendah, (2) kemampuan literasi sains terdapat perbedaan yang signifikan ditinjau dari gender (3) kemampuan literasi sains tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan ditinjau dari tempat tinggal, (4)kemampuan literasi sains terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga wilayah ditinjau dari lokasi sekolah berdasarkan zona wilayah Kabupaten Gunungkidul, (5) persentase peserta didik yang mencapai indikator kompetensi PISA 2015 tertinggi adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, zona topografi wilayah, gender, tempat tinggal
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53178

Actions (login required)

View Item View Item