EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATERI PEMBELAJARAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 NGEMPLAK, SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Cicilia Artika Wahyuningtyas, Cicilia Artika Wahyuningtyas (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATERI PEMBELAJARAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 NGEMPLAK, SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
TAS Halaman Depan 12406244026.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB I 12406244026.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB III 12406244026.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB V 12406244026.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi 12406244026.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E-Jurnal 12406244026.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang optimal yang disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik pada pembelajaran sejarah di kelas XII IPS SMA N 1 Ngemplak, Sleman tahun ajaran 2016/2017 ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ngemplak, Sleman semester ganjil tahun ajaran 2016/2017, yang jumlah populasinya kurang dari 100, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Kelas eksperimen adalah kelas XII IPS 2 sedangkan kelas kontrol adalah kelas XII IPS 1. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan menggunakan uji t. Uji effect size dilakukan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen menunjukkan angka 63,89 dan 78,06. Sedangkan untuk nilai pre-test dan post-test kelas kontrol menunjukkan angka 63,64 dan 66,22. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai thitung 4.648, sedangkan untuk nilai ttabel = 2.00 dengan df=58 dengan taraf kepercayaan 95% (tarif signifikan 0.05). Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (95% df=58). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media Komik dengan yang tidak menggunakan media Komik. Sedangkan uji effect size menunjukkan angka presentase yang tinggi. Berdasarkan perhitungan diperoleh effect size sebesar 0,6. Menurut hasil tersebut berdasarkan tabel interpretasi effect size dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 73 % dengan kategori cukup tinggi. Ini artinya pembelajaran sejarah dengan media Komik lebih efektif ditinjau dari hasil belajar. Kata kunci: Media Komik, Pembelajaran Sejarah, efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 09 Oct 2017 00:45
Last Modified: 30 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53173

Actions (login required)

View Item View Item