Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantul sebagai Sekolah Model

Budiono, Budiono (2009) Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantul sebagai Sekolah Model. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-budiono-027125043.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) mengungkapkan Pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantul sebagai Sekolah Model, yang meliputi segala langkah dan cara kerja yang telah diupayakan dan dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Sekolah dalam rangka meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui berbagai bentuk praktek keagamaan. (2) untuk mengetahui faktor faktor pendukung maupun penghambat upaya peningkatan pembelajaran pendidikan agama Islam. (3) mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dan sekolah mengatasi hambatan dan peningkatan pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantul. Data dikumpukan dengan menggunakan teknik: wawancara, observasi, dokumentasi, dan diperiksa keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, kedisiplinan, pengamatan yang mendalam, triangulasi serta diskusi dengan teman sejawat. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tiga kegiatan utama yang saling berkaitan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantul adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan, bahkan format perangkat administrasi guru di SMP 2 Bantul sudah diseragamkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam, namun ada beberapa hal yang perlu disempurnakan lagi. (2) Pelaksanaan Pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP 2 Bantul sudah berjalan cukup baik, tetapi masih perlu disempurnakan lagi agar tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam dapat tercapai secara optimal. (3) Evaluasi pembelajaran sudah berjalan cukup baik, meskipun masih memerlukan adanya penyempurnaan agar betul betul dapat mengukur kemampuan siswa secara obyektif. (4) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 2 Bantul, namun semuanya dapat ditangani secara optimal oleh guru PAI dan sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:51
Last Modified: 06 Oct 2017 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53160

Actions (login required)

View Item View Item