Learning Continuum Berdasarkan Level Kompetensi dan Materi Pedagogik Spesifik Aspek Fisiologi dari Pendapat Guru SMP dan SMA.

Hadi, Ria Fitriyani (2017) Learning Continuum Berdasarkan Level Kompetensi dan Materi Pedagogik Spesifik Aspek Fisiologi dari Pendapat Guru SMP dan SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ria-fitriyani-hadi-15725251043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru IPA SMP Negeri dan guru biologi SMA Negeri mengenai learning continuum aspek fisiologi ditinjau dari level kompetensi berdasarkan ragam materi pedagogik spesifiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (univariat) dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di 5 kota/kabupaten di Provinsi DIY yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Kulon Progo. Kemudian dipilih SMP dan SMA secara sensus berdasarkan status sekolah, yaitu SMP Negeri dan SMA Negeri yang ada pada tiap kota/kabupaten. Waktu penelitian dari bulan Oktober hingga Januari tahun 2017. Subjek penelitian merupakan guru IPA SMP sebanyak 147 orang dan guru Biologi SMA sebanyak 134 orang. Pengumpulan data dihimpun melalui survei menggunakan instrumen angket mengenai level kompetensi dan materi pedagogik spesifik aspek kehidupan pada mata pelajaran IPA dan biologi yang disusun oleh Bambang Subali dan tim tahun 2016. Validitas angket telah dilakukan melalui Focus Group Discussion oleh tim validasi yang terdiri dari 3 orang dosen UNY dan 5 orang dosen UNS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi karena tidak memiliki nilai signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi biologi aspek fisiologi berdasarkan pendapat guru IPA SMP dan guru Biologi SMA belum tersusun dari level kompetensi sederhana hingga level yang kompleks, materi ini belum tersusun dari materi yang mudah ke sukar dan belum tersusun dari materi yang konkret ke abstrak. Menurut sebagian besar guru IPA SMP dan Biologi SMA materi biologi aspek fisiologi mulai diajarkan dari kelas VII, VIII, IX, X dan XI dengan level kompetensi C2 (memahami) C3 (mengaplikasikan), dan C4 (menganalisis). Pada jenjang SD sebagian besar guru berpendapat untuk tidak mengajarkan materi tersebut. Selain itu, belum ada persamaan pendapat antara guru IPA SMP dan guru Biologi SMA dalam mengajarkan materi pedagogik spesifik aspek fisiologi dari jenjang SD, SMP dan SMA. Sebagian besar guru mengacu pada kurikulum yang berlaku daripada mengacu pada pemikiran original mereka masing-masing untuk mengembangkan learning continuum.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendapat guru, fisiologi, learning continuum
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:27
Last Modified: 21 Jul 2022 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53148

Actions (login required)

View Item View Item