Peran Kultur Sekolah dalam Membangun Prestasi Siswa

NOVITA WULAN SARI, NOVITA WULAN SARI (2017) Peran Kultur Sekolah dalam Membangun Prestasi Siswa. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 13413241013.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 13413241013.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 13413241013.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V dan lampiran 13413241013.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi 13413241013.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL 13413241013.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang di dalamnya memiliki sebuah sistem kehidupan yang mengatur warga sekolah. Sekolah menjadi bagian penting dari kultur nasional yang dikembangkan melalui kultur sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan kultur sekolah, 2) mengetahui program-program sekolah dalam mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai yang mendukung kultur sekolah yang positif, 3) mengetahui dan mendeskripsikan peran kultur sekolah dalam membangun prestasi siswa di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel pada peneletian ini menggunakan teknik purposive sampling yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Sampel penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pembimbing dan siswa. Uji validitas data yang digunakan yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber dalam mengecek keabsahan data yang didapat. Proses analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis milik Miles dan Huberman, yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artifak fisik sekolah yang meliputi ruang kelas, ruang guru, taman, masjid, kantin, laboratorium, perpustakaan, sarana dan prasarana lainnya, terpelihara dengan baik. Semua bangunan dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekolah. Adapun artifak perilaku menunjukkan adanya interaksi yang berjalan harmonis antar warga sekolah, aktivitas warga sekolah sesuai dengan aturan dan tata tertib sekolah, serta berbagai kebiasaan yang dibudayakan sekolah. Kultur sekolah berperan dalam mengembangkan prestasi siswa melalui nilai-nilai utama dan nilai pendukung; yaitu nilai berprestasi; kedisiplinan; kebersihan dan religi. Adapun nilai pendukung seperti tanggung jawab; kejujuran; toleransi, yang dibudayakan melalui tugas-tugas yang diberikan kepada siswa. Kata kunci: peran kultur sekolah, kultur sekolah MAN 1 Yogyakarta, prestasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 05 Oct 2017 00:31
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53139

Actions (login required)

View Item View Item